Senin, 21 Juli 2014


Laporan Kegiatan Saat Ramadhan
Puasa atau Shaum dalam bahasa Arab adalah aktivitas menahan hawa nafsu yang dijalankan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia.  Puasa atau Shaum yang paling sering kita jalani adalah puasa sunnah senin kamis dan puasa wajib satu bulan full pada saat bulan suci Ramadhan.
Tentu saja, tidaklah gampang untuk menjalankan puasa tersebut. Selama 13,5 jam kita menahan lapar dan dahaga. Tidak hanya menahan nafsu untuk makan dan minum saja tapi juga menahan nafsu amarah dan nafsu lainnya.
Dan kebetulan banget bulan Ramadhan kali ini bertepatan dengan penutupan tahun ajaran, yang artinya kita liburan pada saat bulan Ramadhan. Ditambah lagi kita liburan sebulan lebih lho.
Bulan Ramadhan, saya sempat berada di Muara Kaman pada tanggal 05 Juli dan sisanya saya berada di Tenggarong saja. Seperti aktivitas di bulan Ramadhan pada umumnya dan digabung dengan hari libur yang artinya tidak ada kegiatan sekolah seperti pesantren kilat atau semacamnya.
Tapi tetap saja sebagai seorang siswa, tetap harus mengerjakan tugas yang diberikan oleh sekolah sebagai kewajiban seorang siswa sekolah, contohnya saja Riset Project dan Laporan Kegiatan Ramadhan seperti yang satu ini.
Saya juga melaksanakan tugas saya sebagai panitia Internasional Week. Semoga nanti acaranya sukses,ya Amin.
Yah, bulan Ramadhan kali ini sebenarnya adalah yang paling spesial, karena biasanya saya melaksanakan aktivitas Ramadhan di Muara Kaman, tapi kali ini saya berkesempatan  melaksanakan Puasa Ramadhan di Tenggarong. Ditambah lagi karena liburnya adalah yang paling lama sepanjang sejarah SMAN10 Samarinda(mungkin) dan hanya akan berulang kembali 30 tahun sekali menurut perhitungan saya dengan mencocokan penanggalan Masehi dengan penanggalan Hijriah, apalagi selama puasa kita tidak ada kegiatan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar