Senin, 21 Juli 2014


Menahan Hawa Nafsu
Sebenarnya tujuan saya menulis ini semata-mata untuk project siswa saat liburan semester. Karena temanya adalah Berpuasa di Bulan Ramadhan, maka dari itu saya memilih judul di atas, yaitu “Menahan Hawa Nafsu” dan berhubung juga, Sekarang adalah bulan Ramadhan, bukan?
Puasa atau Shaum dalam bahasa Arab adalah aktivitas menahan hawa nafsu yang dijalankan oleh umat muslim seantero dunia. Puasa yang paling sering kita jalani adalah puasa sunnah senin kamis dan puasa wajib satu bulan full pada saat bulan Ramadhan.
Tentu saja, tidak mudah untuk menjalankan puasa tersebut. Selama 13,5 jam kita menahan lapar dan dahaga. Tidak hanya menahan nafsu untuk makan dan minum. Tetapi juga menahan nafsu amarah dan nafsu lainnya.
Contoh sederhananya saja, ada teman kita yang beragama non-muslim sedang mensantap hidangan makan siangnya yang begitu lezat, kita harus bisa tahan untuk tidak ikut-ikutan makan. Atau kita sedang kelelahan setelah melakukan aktivitas berat, kita juga harus bisa menahan dan ingat bahwa kita sedang berpuasa Ramadhan.
Manfaat dari puasa yang sesungguhnya ialah berguna untuk mengingatkan kita bahwa masih banyak orang diluar sana yang lebih sengsara seperti kelaparan dan membutuhkan makan untuk bertahan hidup, sekaligus ikut merasakan penderitaannya.  Sedangkan orang di era modern suka membuang-buang makanan, itu kan sangat Mubazir lho.
Jadi, jangan sampai kita terperdaya oleh sesuatu hingga membatalkan puasa kita. Cobalah untuk menghargai mereka yang kurang mampu, mereka yang susah untuk mencari makan. Karena berpuasa di bulan Ramadhan memberikan banyak faedah untuk kita generasi putra-putri penerus bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar